Powered by Blogger.

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan | Kapulaga Jamu Tradisional

Saturday, September 21, 2013

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan - Jamu Tradisional
Manfaat Kapulaga


Manfaat Kapulaga sebagai Jamu tradisonal.  Kapulaga (A. compactum ) adalah jenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Ada beberapa macam jenisnya diantara: kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India (Elettaria cardamomum); kedua-duanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean (Zingiberaceae) atau E. cardamomum.


Manfaat Kapulaga

Bau aromatiknya biasa digunakan dalam berbagai hidangan tradisional. Ternyata, kapulaga sebagai obat Tradisional menyimpan banyak manfaat  bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Untuk Mengobati Batuk, Sakit Kepala dan Mendotekfikasi Kafein
Kapulaga mengandung minyak atsiri, terpineol, sineol, protein dan lainnya. kapulaga memiliki khasiat untuk mengobati batuk dan sakit kepala, campurlah Untuk meringankan sakit kepala, campurkan biji kapulaga ke dalam secangkir teh atau susu dan di minum setiap pagi dan sore.  Kapulaga merupakan bahan alami yang membantu detoksifikasi kafein dari tubuh.  Minum terlalu banyak kopi secara perlahan dapat meracuni tubuh. Maka, segera konsumsi kapulaga untuk menghilangkan racun.

2. Meringankan Sakit Rematik
Untuk meringankan sakit rematik, bisa menggunakan air rebusan dari semua bagian tanaman. Ambil beberapa bagian batang, daun danjuga buah dari kapulaga dan rebus kedalam air mendidih. lalu saring dan diminum setelah dingin, hangat juga boleh/ Air rebusan kapulaga tadi bisa memberikan energi ketika badan lemas dan juga untuk meringankan sakit rematik.

3. Bagus untuk Perut atau Lambung
Kapulaga merupakan rempah-rempah yang bisa menyeimbangkan jumlah cairan lambung dalam perut karena didalamnya mengandung minyak atsiri yang terdapat pada biji kapulaga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional untuk sakit perut, sakit batuk, dan juga sebagai peningkat stamina setelah melahirkan.

4. Bahan untuk Parfum atau Pewangi
Seperti yang kita ketahui, dari bijinya yang mengandung minyak atsiri, kapulaga banyak dimanfaatkan dalam industri parfum, minyak wangi dan aromanya bermanfaat sebagai arma terapi.

5. Mencegah Keropos Tulang
Kandungan yang terdapat pada Kapulaga yaitu sineol, terpineol, borneol, protein, gula, lemak, silikat, betakamfer, sebinena, mirkena, mirtenal, karvona, terpinil asetat, dan kersik sangat bagus untuk mencegah keropos tulang khususnya bagi bapak dan ibu-ibu  yang menginjak masa tua.

6. Mengobati Radang Tenggorokan dan Menjernihkan Suara (gurah)
Biji Kapulaga adalah anti-spasmodik, yang bisa mencegah kejang, sakit tenggorokan atau batuk. Kapulaga bermafaat mengobatai radang tenggorokan. Untuk membuatnya silahkan ambil 10 buah kapulaga dan sedikit rimpang kunyit. Tumbuh kedua bahan tersebut dan jangan terlalu lembut. Seduh kapulaga dan rimpang kunyit yang telah ditumbuk tadi dengan air panas. Saring dan minum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

Kapluga tidak hanya sebagai penyedap bahan makanan dan masakan melainkan kapulaga mempunya manfaat yang banya sebagai sumber Jamu tradisonal, juga ampuh membasmi penyakit dalam tubuh dan menstabilisasikan tubuh agar selalu sehat.

No comments:

Post a Comment

 

Popular Posts