Powered by Blogger.

Manfaat Paku Empat untuk Kesehatan | Bunga Paku Empat Jamu Tradisional

Thursday, September 26, 2013

Manfaat Kembang paku Empat 
Manfaat Bunga paku empat 

Pukul empat (Mirabilisjalapa Linn.) adalah tanaman obat tradisional yang mudah dijumpai di daerah tropis.tanaman ini berfungsi mengobati penyakit hapir seluruh bagian dari akar, daun, bunga dan buah dapat di fungsikan sebagai obat atau jamu. Kembang paku empat  atau lebih dikenal di daerah-daerah dengan nama Kembang pagi sore, bunga waktu kecil (Sumatra); Kederat, segerat, tegerat (Jawa), Kupa oras, cako raha (Maluku); Bunga-bunga paranggi, bunga-bunga parengki (Sulawesi); Pukul ampa, turaga, bodoko sina, bunga tete apa (Sulawesi) dan Zi Mo li (China);


KEGUNAAN:
1. Radang amandel (tonsillitis).
Cara pemakaian: Ambil BUnga paku empat 10-12 buah bersihkan lalu di jus atau di tumbuk secata halus   kemudian di    taruh pada bagian yang terasa sakit.

2. Infeksi saluran kencing (genito-urinary tract. infection), prostatitis.Kencing manis (DM), kencing berlemak (chyluria).
Cara pemakaian: Rebus akar bunga paku empat yang udah di bersihkan sebanyak 15 gram kering atau 30 gram basah,    rebus sampai mendidih dinginkan minum satu gelas sehari.

3. Keputihan (leucorrhea), erosi mulut rahim (cervival erosion).
Cara pemaikaian: tumbuk daun atau bunga paku empat sampai halus kemudian oleskan pada bagian sekitar atau tempat keputihan, lakukan secara rutin selama mandi.

4. Radang sendi yang akut (acute arthritis).
Cara pemakaian: Akar, daun atau bungan paku empat yang udah di bersihkan di tumbuk sampai halus kemudian di   oleskan pada bagian yang terasa sakit atau direbus kemudian di munum secara teratur dua kalai sehari.

5. Pembekakan Payudarah (Acute arthritis): 
   Cara pemakaian: 30 gram akar segar direbus, minum dua kali sehari Bila badan panas, ditambah tahu, bila badan dingin Bunga putih sebanyak 120 gram ditambah kaki sapi,
   direbus, minum dua kali sehari.

6. Bisul:
Cara pemakaian: Mafaat Daun paku empat bersifat maturatif (mempercepat pematangan bisul)
  •  Pada bisulnya dioleskan sedikit minyak kemiri. Daun kembang 
    • Daun puku empat dilayukan di atas api, kemudian dioleskan sedikit minyak kelapa, tengahnya dilubang dan letakkan di atas bisul.
    • 10 lembar daun kembang pukul empat dicuci, kemudian dilumatkan, ditambah air garam secukupnya, ditempelkan pada bisul dan sekelilingnya, Ialu dibalut.
    • Akar segar dibuang kuhtnya, kemudian dilumatkan dan ditambah gula enau. Tempelkan pada bisulnya, sehari diganti 2 x (dua kali).


    7. Jerawat: 
    Cara pemaikaian: Buah paku empat mengandung zat tepung, tumbuk buahnya hinga halus kemudian di jemmur sampai    kering seteh menjadi tepung bedak. Ambil tepung bedak secukupnya ditambah air, kemudian dioleskan ke wajah. 

    PERHATIAN: Wanita hamil dilarang pakai.  Untuk merebus di sarankan memakai tungku tanah, tidak boleh memakai bahan dari besi (panci )

    No comments:

    Post a Comment

     

    Popular Posts